Tuesday, May 12, 2009

AS Kasih Waktu untuk Iran 5 Bulan


WASHINGTON - Amerika Serikat akan melakukan dialog dengan Iran paling cepat lima bulan ke depan. Namun tergantung dari sejauh mana komitmen Iran untuk menghentikan program nuklirnya...[...]

Seperti dikutip dari Press TV, Selasa (12/5/2009), AS memberi batas waktu hingga Oktober untuk melibatkan Iran dalam pembicaraan tahap awal terkait aktivitas nuklir.

Utusan khusus AS untuk Iran, Dennis Ross, saat melakukan pertemuan dengan pejabat Eropa menyatakan, pemerintahan AS memiliki target hingga Oktober untuk menyimpulkan apakah akan melakukan pembicaraan tahap pertama dengan Iran.

Laporan yang berisi kutipan pernyataan Ross itu juga menyebutkan, "Jika AS melihat tidak ada perubahan dalam program nuklir Iran, sikap Washington akan lebih keras saat itu (Oktober)."

Saat baru menduduki jabatan sebagai presiden, Obama menyatakan ada kemungkinan Washinton akan membuka hubungan diplomatik kembali dengan Teheran dalam beberapa bulan ke depan, di mana kedua pihak dapat duduk satu meja dan saling berhadapan. Hubungan diplomatik kedua negara putus sejak 1980.

Namun hingga kini belum ada satu laporan pun yang menunjukkan kepastian waktu kedua pihak untuk membuka kembali hubungan diplomatik. Selain masalah nuklir, AS memiliki kepentingan terhadap Iran terkait keamanan di Irak dan Afghanistan.(oz)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Site Info

Text

Free Download Lagu MP3 Lirik | Song Lyrics | Chords | Video Music Clips Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template