Monday, May 11, 2009

Atasi Otot Kaku dengan Sport Massage


KALAU badan sudah terasa pegal-pegal, otot kaku atau terkilir, memang paling enak kalau dipijat. Pijatan bisa membuat otot kembali lemas dan daerah kembali lancar. Ada beberapa teknik pijatan. Salah satunya adalah sport massage...[...]

Sport massage adalah salah satu teknik pijat khusus untuk mengatasi berbagai keluhan otot kaku atau terkilir. Sport massage tidak hanya untuk olahragawan, tetapi juga untuk siapa saja yang mengalami cedera otot. Massage ini mempersiapkan otot-otot untuk bekerja lebih baik, menambah tonus otot (otot yang normal), dan menyempurnakan proses pembakaran dan memperlancar peredaran darah.

Massage seperti ini juga menghilangkan atau mengurangi zat-zat pelelah (myoglosis) dan mengembalikan elastisitas atau kekenyalan otot. Pijatan dilakukan di bagian tubuh yang bekerja keras. Fokus pijatan adalah tungkai atas, tungkai bawah, bahu dan tangan kiri kanan.

"Sport massage dilakukan pada bagian tubuh yang mengalami tegang otot atau terkilir. Biasanya sebelum ke bagian inti, kita mulai pijatan pada bagian-bagian tertentu yang menyambung ke bagian inti sakit tersebut," jelas Novi, terapis dari Fontana Sport Massage, Jakarta Selatan, ini.

Frekuensi sport massage disesuaikan dengan kondisi setiap kasus atau keluhan. Sport massage dilakukan 1 1/2 hingga 2 jam. Seluruh badan akan dipijat untuk mengembalikan kondisi otot yang terkilir.

"Rata-rata klien melakukan sport massage 1-2 kali untuk menghilangkan keluhan yang dirasakannya. Batasan usia juga tidak ada. Dari balita hingga manula pun bisa mencobanya," sambungnya.

Pada awalnya, pelanggannya kebanyakan atlet. Tapi kini semua orang bisa datang.

"Karena di sini ada klub golf, kebanyakan klien juga pemain golf. Biasanya mereka mengeluhkan kaku otot pada pundak, belikat, dan pinggang," ujarnya.

Teknik sport massage ini tidaklah sulit. Hanya dengan jari-jari tangan. Proses pemijatan dimulai dengan mencari titik saraf yang bermasalah atau yang dikeluhkan klien. Anggota tubuh yang akan dipijat dilemaskan terlebih dahulu, baru kemudian dipijat.

Untuk gangguan kaku otot di kaki dan engkel, seperti terkilir setelah bermain bola, telapak kaki diurut terlebih dahulu. Setelah itu betis, paha, dan tulang ekor.

Setelah itu, bagian tubuh lain yang kaku dipijat. Untuk mengatasi otot punggung yang kaku, terapis terlebih dahulu melancarkan sistem peredaran darah dengan memutar-mutarkan jarinya di atas punggung dari atas ke bawah, dari pinggir kiri ke kanan.

"Bila membungkuk atau menggerakkan pinggang rasanya sakit sekali, pasien mulai dipijat dengan mengusapkan minyak dari mulai kaki hingga area pinggang dan punggung. Selanjutnya jari-jemarinya melakukan gerakan memutar dan menekan-nekan," jelasnya.(Genie/Genie/nsa)(oz)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Site Info

Text

Free Download Lagu MP3 Lirik | Song Lyrics | Chords | Video Music Clips Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template