Sunday, May 10, 2009

Dokter Ditahan, Suu Kyi Tidak Sehat

YANGON - Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi "dalam kondisi kesehatan yang tidak baik" karena tidak bisa makan.

Kondisi yang buruk itu bersamaan dengan ditahannya dokter pribadinya, Tin Myo Win, oleh junta militer. Juru bicara partai oposisi Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Nyan Win menjelaskan bahwa Suu Kyi yang menderita tekanan darah rendah itu mengalami dehidrasi.

Suu Kyi kini diberi infus oleh asisten dokternya. "Suu Kyi dalam kesehatan yang tidak baik. Dia tidak dapat makan dan tekanan darahnya rendah. Dia mengalami dehidrasi. Kami sangat khawatir dengan kondisi kesehatan Ibu," kata Win. Karena dokter pribadi Suu Kyi ditahan, wakilnya, Pyone Moe Ei, telah merawat Suu Kyi selama tiga jam pada Jumat (8/5/2009) siang di tahanan rumahnya dekat danau.

Dia minta izin untuk kembali Sabtu kemarin untuk mengganti infus yang diberikan kepada Suu Kyi. Nyan Win mengaku tidak tahu mengapa dokter pribadi Suu Kyi ditahan junta militer sejak Kamis (7/5/2009) silam. Sumber pemerintah Myanmar menjelaskan pada Kamis (7/5/2009) bahwa dokter Tin Myo Win ditolak izinnya untuk memasuki rumah Suu Kyi setelah menunggu selama berjam-jam untuk melakukan pemeriksaan rutin kepada pemimpin prodemokrasi itu.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Myanmar menahan seorang warga negara Amerika Serikat (AS) yang berupaya menerobos pengamanan dengan berenang melintasi danau di dekat tahanan rumah Suu Kyi. Di rumah itu, Suu Kyi telah ditahan 19 tahun. Media pemerintah menjelaskan, warga AS yang bernama John William Yeattaw telah menginap dua hari di rumah Suu Kyi sebelum pasukan keamanan akhirnya menangkapnya di danau ketika berusaha meninggalkan rumah itu saat fajar.

"Pria berusia 53 tahun itu tinggal selama dua hari di lantai bawah rumah Suu Kyi, tempat dua pembantu Suu Kyi tinggal. Pria itu meminta Suu Kyi tidak memberi tahu aparat keamanan bahwa dia berada di sana," ujar sumber Pemerintah Myanmar. Motif pria tersebut berada di rumah Suu Kyi belum jelas. Namun sumber resmi pemerintah menjelaskan, pria tersebut veteran perang Vietnam.

Adapun pengacara Suu Kyi, Kyi Win, menyatakan, warga AS itu merupakan petualang yang bertindak atas keinginan sendiri. Suu Kyi saat ini tinggal di rumah itu bersama dua pembantu dan hanya diizinkan mendapatkan kunjungan dari dokter serta pengacaranya.

Masa tahanan rumah Suu Kyi sebenarnya berakhir pada akhir Mei silam, tetapi pemerintah Myanmar menyatakan memperpanjang hukuman tahanan rumah tersebut. Para diplomat Barat menduga Pemerintah Myanmar tampaknya enggan membebaskan Suu Kyi. Sementara pengacara Suu Kyi, Kyi Win, mengaku masih menunggu izin bertemu kliennya untuk pertama kali sejak NLD menyatakan bahwa gugatan banding atas vonis penahanan Suu Kyi ditolak pemerintah. (Koran SI/Koran SI/mbs)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Site Info

Text

Free Download Lagu MP3 Lirik | Song Lyrics | Chords | Video Music Clips Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template