Monday, May 11, 2009

Melintasi 72 Negara Naik Motor Seorang Diri


APA rasanya naik motor berkeliling dunia seorang diri? Mungkin bisa tanyakan kepada Jeffrey Polanaja. Pria yang akrab disapa bro JJ ini sukses menorehkan catatan dalam Guinness Book of Record.

Bro JJ telah mengharumkan nama Indonesia dalam catatan sejarah dunia, bahwa dialah manusia pertama yang berhasil mengendarai motor seorang diri berkeliling ke 72 negara...[...]

"Di sini saya ingin mengkampanyekan 'Ride for Peace'. Selama ini kan Indonesia dicap jahat, sarang teroris, saya mau membuktikan itu semua salah," papar bro JJ dalam sambutannya di sela acara Harley Goes to School, Sabtu (2/5/2009).

Atas misi itulah, dia kemudian bertekad memperkenalkan Indonesia kepada dunia melalui perjalanannya dengan berkendara motor. Menggunkan BMW Adventure, bro JJ telah berhasil singgah di beberapa negara di kawasan Asia, Afrika, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Australia.ÂÂ

"Tahun 2011 saya akan balik lagi ke Amerika, dan mungkin 10 Juni mendatang saya bersama 5 bikers dari negara lain akan berangkat ke Kutub Utara," kata dia.

Meski sukses mencatatkan tinta emas, namun Bro JJ mengakui tak mudah merealisasikan niatnya membawa misi perdamaian tersebut. Bikers yang mengaku telah naik motor sejak usia 16 tahun ini pun kerap mendapat cibiran dari berbagai pihak.ÂÂ

"Saya datang ke sponsor, saya dianggap bemimpi, lalu biker luar negeri juga bilang, 'paling kamu hanya kuat 9 negara', tapi ketika saya datang ke biker-bikers Tanah Air lainnya, mereka malah support saya. 'You can do it'" ujarnya mengikuti ucapan teman-teman yang memberinya semangat.

Demi merealisasikan misinya tersebut, bro JJ lantas mempersiapkan diri dengan pembekalan yang matang. Selain persiapan fisik, dirinya juga membawa alat-alat perlengkapan dapur, alat-alat perbengkelan, serta perlengkapan office. Sedangkan sebagai alat tukar, bro JJ membawa uang lokal sesiau negara yang sedang ia kunjungi, dollar amerika, credit card, emas, dan travel check.

"Saya tidak selalu melewati kota-kota besar dimana ketika bekal makanan saya habis saya bisa beli dengan uang. Ada tempat-temat yang masyarakatnya hanya mengerti ketika bahan makanannya rela ditukar dengan emas," katanya.

Dia pun mengakui, batas antar satu negara dengan negara lain tidak terlalu jelas. Namun dari beberapa negara yang telah ia lalui tersebut ada pengalaman menarik ketika dai sampai di kawasan Himalaya.

Saat dalam perjalanan, dirinya tertahan karena ada longsor, karena itulah bro JJ memutuskan untuk bermalam dihutan. Namun ketika malam datang, dia mendengar ada suara-suara di luar tendanya. "saya buka tenda, ternyata beruang, saya kaget buakn main, tapi saya ingat punya horn pemberian satu biker ketika saya singgah diperjalanan, lalau saya gunakan, beruangnya kaget dan lari," kekehnya.

Dari pengalaman itulah ia lantas berpesan bagia yang ingin mengikuti jejaknya. "Siapkan fisik dan mental yang kuat, karena banyak hal yang terjadi tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya."

Ok, salut bro!
(uky) (oz)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Site Info

Text

Free Download Lagu MP3 Lirik | Song Lyrics | Chords | Video Music Clips Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template