Sunday, May 10, 2009

Kuasai Newmont Perlu Kerahkan Dana BUMN


JAKARTA - Pemerintah dinilai perlu mengerahkan dana BUMN guna menguasai saham Newmont sebesar 31 persen yang saat ini menjadi kendala pemerintah untuk mencari sumber dana pembelian saham Newmont.

"Sumber dana di BUMN bisa dikerahkan sebagai alternatif dana pemerintah di luar APBN dan PIP untuk membeli saham Newmont," kata pengamat pertambangan Marwan Batubara, saat dihubungi okezone, di Jakarta, Minggu (10/5/2009)....[...]

Bahkan, bila perlu pemerintah melakukan pinjaman pada sektor perbankan baik dalam dan luar negeri berupa jaminan pengembalian 10-15 tahun untuk mendukung rencana pemerintah dengan harapan bisa menguasai saham Newmont.

Pasalnya, dengan keberhasilan menguasai saham Newmont, pemerintah tidak akan dirugikan dan sebaliknya terus meraup keuntungan tiap tahunnya.

Namun sayangnya, dia belum menjelaskan potensi keuntungan yang didapatkan pemerintah dan hanya menjelaskan kekayaan yang terdapat di pertambangan Newmont sebesar Rp400 triliun.

Menyinggung masih menunggu hasil due diligence, pemerintah dinilai perlu menunjuk tim penilai independen dari dalam negeri atau sebagai konsultan keuangan sebagai bentuk efesiensi.

Salah satu yang diusulkannya adalah PT Danareksa Sekuritas yang dinilai mempunyai pengalaman dan memiliki independensi cukup tinggi. (ade)(oz.com)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Site Info

Text

Free Download Lagu MP3 Lirik | Song Lyrics | Chords | Video Music Clips Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template